Halaman

Kamis, 13 Agustus 2015

Sepotong Mozaik di Jakarta

Siapa sih yang ngga tau Jakarta?? Ibu kota negara kita tercinta Indonesia. Kota metropolitan, pusat perekonomian, pemerintahan, sosial dan politik. Iya, kota yang katanya super padat dan macet itu, tinggi tindak kriminal, dan juga jadi langganan banjir setiap tahunnya. Kira-kira hal seperti itulah yang terlintas di pikiran ku setiap kali denger nama kota ini.
Dengan kesan yang seperti itu, berharapkah aku mencari pekerjaan di kota metropolitan seperti Jakarta? Tentu saja tidak. Aku lebih senang tinggal di kota yang tidak terlalu besar, lalu lintasnya lancar, masyarakat yang ramah, dan biaya hidup yang murah tentunya..hehe. Ya seperti Semarang, si kota ATLAS misalnya. Tapi takdir berkata lain...Oke, mungkin aku harus meninggalkan Semarang dan mencari potongan mozaik hidupkku yang lainnya di kota besar ini, kota Jakarta.
Jadi ceritanya waktu itu akhir bulan Juni, aku masih stay di Semarang. Karna suasana hati lagi kurang baik (galau bahasa anak mudanya, haha), aku main ke tempat mami rohaniku. Aku disana beberapa hari dan aku chattingan sama adeknya, udah... ngga usah ditanya adeknya cowo atau cewe, udah pasti cowo, ganteng lagi.. hihi
Namanya Fernando Ginting, temen sekolahku dari SMP sampe SMA. Nah, jadi waktu kita asik chattingan, dia bilang, "main ke Jakarta lah Mey, aku disini sama Supri."
Aku kaget, pasalnya beberapa hari sebelumnya aku chattingan sama Supri, katanya dia di pengungsian. Kan "merandal" gitu. Oiya, lupa, jadi Supri ini temen SMA ku yang cukup menyebalkan.. hehe, peace bro! Tapi beberapa bulan sebelum lulus SMA kita berdamai. Ya pokoknya kita jadi temen baiklah setelah itu, tiap kali aku pulang kampung pas liburan mesti di samperin, di ajak jalan-jalan dan di traktir. hihi :D
Oke, kita lanjut cerita yang chattingan dulu yakk.. So, karna aku cukup kesal karna di "bohongin" sama Supri, aku minta pin BBM nya ke Fernando, abis itu aku omelin lah si Supri.. hehe, bawel juga yakk..
Berawal dari omelan, chattingan singkat, ngobrol di telfon, akhirnya aku iseng nanyain lowonga kerja di tempat Supri kerja. A day after that, aku di suruh kirim CV sama Surat Lamaran Kerja.. Di hari yang sama aku langsung ngirim berkasku. Fortunately, aku langsung di suruh ke Jakarta untuk interview. I was so amazed. Niatnya sih langsung cap cuss ke Jakarta, tapi masi ada urusan di kampus, jadi kudu di pending sampe semua urusan kelar. 13 Juli 2015, aku hengkang dari kota ATLAS, naik Kereta Api dari Stasiun Poncol Semarang.
Langit sudah gelap saat aku tiba di Stasiun Senen. Di jemput sama sepupu dan langsung cus ke kediamannya di Cililitan. Tanggal 15 aku di panggil untuk interview, dan faktanya aku di test dulu sebelum interview. Perlu aku perjelas kalo testnya 80 % menghitung, bayangin aja aku yang kuliah ambil Jurusan Sastra, hampir 4 tahun ga pernah ketemu soal hitungan, hari itu harus neyelesein sekitar 40 soal Math. Untung aja dulu guru Math ku keren pas ngajar, jadi masi ada beberapa yg kecantol di memori. hehe
Well done, soal interview dan test sudah lewat, dan aku masih berstatus pengangguran. Seminggu setelah interview, waktu itu aku lagi di rumah saudaraku di Depok, aku dapat kabar dari temenku Supri kalo hari Senin, 27 Juli aku mulai kerja, I was so excited..
So, 27 Juli aku mulai kerja, kudu bangun pagi-pagi dan buru-buru berangkat dari Cililitan. Naik busway yang transit 3 kali dan masih naik angkot lagi ke kantor. Aktivitas yang cukup melelahkan. Belajar menikmati rutinitas baru, dan selama 3 hari aku ke kantor naik Bus Way, sebelum aku tinggal di mess kantor.
Life is about learning. Jadi apa yang aku pelajari selama 3 hari nge Bus Way? Paradigmaku mulai berubah, Jakarta tidak sekejam yang ku bayangkan. Transportasi di Jakarta kini sudah cukup nyaman. Di banding pertama kali aku menginjakkan kaki di Jakarta 4 tahu lalu, aku kehilangan ponsel ku saat naik bis. That's why I hated to live in Jakarta.  Katanya sekejam-kejam ibu tiri, lebih kejam ibu kota. Tapi ya ga sekejam itu juga sih. :)
Aku juga mulai menikmati pekerjaanku, seorang teller di money changer. Bertemu dengan banyak orang dari beragam negara, making deal, kadang diomelin sama customer, de el el. But I enjoy doing my job :)
So, however, I am thankful for where God sent me.. :)

Hanna, Jakarta 13 Agustus 2015
after dinner with Fernando & Supri 






..
 Jajan Kerak Telor, katanye makanan khas org Jakarte

                                                                                                Kaya wong ilang @Halte 

1 komentar:

  1. mantap ...(Y)

    setiap kata terkandung EyD jaman Elit... (Y)

    antha meyliala

    BalasHapus