Halaman

Sabtu, 22 Agustus 2015

Destinasi Wisata yang WAJIB Kamu Kunjungi di Berastagi


Berastagi merupakan salah satu destinasi wisata di Tanah Karo, Medan, Sumatera Utara. Kota ini dikenal dengan kesejukan dan hasil alamnya, bunga, buah dan sayur mayur yang segar. Tentu saja Berastagi ramai dikunjungi wisatawan mancanegara maupun domestik saat hari libur. Yuk, kita intip beberapa destinasi di kota ini...
1. Pagoda Taman Lumbini
Pagoda Taman Lumbini merupakan replika dari Pagoda Shwedagon yang ada di Burma, Myanmar. Nama "Lumbini" sendiri merupakan nama tempat di kaki Gunung Himalaya, dimana Pangeran Siddharta Gautama dilahirkan dan kelak akan menjadi Budha.
Pagoda dengan warna emas ini berdiri megah di desa Tongkoh, Berastagi. Dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari kota medan menuju tempat ini.
Selain dikenal dengan bangunannya yang megah, Pagoda yang sejatinya merupakan tempat beribadah umat Budha ini juga dikelilingi dengan taman asri yang berhiaskan bunga dan pepohonan yang tertata rapi, yang memberikan kesan natural dan segar. 
Tinggi Pagoda mencapai 46,80 meter, dan merupakan Pagoda tertinggi di Indonesia. Untuk mencapai Pagoda, pengunjung harus melewati jembatan gantung sepanjang 20 meter, yang disebut dengan sebutan "Titi Lumbini".




2. Bukit Gundaling
Destinasi wisata lainnya yang wajib kamu kunjungi di Berastagi adalah Bukit Gundaling alias Gundaling Hill. Bukit ini berada di ketinggian 1.575 mdpl. Bukit tersebut banyak di tumbuhi oleh pohon pinus, dan terlihat indah bila di lihat dari kota Berastagi, sudah pasti pemandangan indah serta udara yang segar langsung menjadi suguhan pertama bagi wisatawan.
Sedikit sejarah mengenai asal muasal nama "Gundaling". Menurut cerita masyarakat setempat, dahulu seorang tentara negara asing kehilangan sebuah senjata kesayangannya di sebuah bukit, yang pada akhirnya tentara asing tersebut menuliskan sebuah frase "Gun Darling" di puncak tersebut sebagai bentuk kesedihannya. Percaya atau tidak, namun begitulah sedikit cerita yang pada akhirnya menjadi nama untuk bukit tersebut, "Gundaling".
Dari Bukit Gundaling, wisatawan dapat menikmati indahnya alam yang terbentang hijau. Tak hanya itu, pengunjung juga disuguhi pemandangan Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak.
Belum lengkap rasanya berwisata ke Bukit Gundaling kalau belum berkeliling bukit menunggangi kuda ataupun naik sado, istilah kereta kuda bagi warga setempat.
Sudah menikmati pemandangan alam yang indah, berkeliling dengan kuda, tapi rasanya masih ada yang kurang kalau belum membeli cindera mata. Tenang saja, di Gundaling kamu bisa menemukan seabrek souvenir shops. Disana kamu bisa belanja T-Shirt Berastagi, gantungan kunci, aneka aksesoris, miniatur rumah adat Karo, de el el. Lengkap deh pokoknya. 

3.Bukit Kubu
Bukit yang menyerupai lapangan golf seluas lebih kurang 5 hektare ini terbentang luas tepat di pinggir jalan utama Medan-Berastagi. Tempat ini merupakan salah satu tujuan favorit para wisatawan lokal maupun luar. Selain pemandangan yang hijau dan memanjakan mata, tempat ini menjadi prioritas wisata keluarga karena biaya yang sangat murah dan terjangkau. 
Disaat hari libur, bukit kubu biasanya ramai dengan warna-warni layangan anak-anak yang sedang berwisata dengan keluarganya, ada juga kuda-kuda untuk ditunggangi demi berkeliling Bukit Kubu. 
Kamu juga berwisata historis di seputaran Bukit Kubu, karena di belakang bukit ini kamu bisa berkunjung ke rumah pengasingan Bung Karno. Berastagi menjadi tempat pengasingan Bung Karno, setelah beliau ditangkap di gedung Gunung Agung bersama dengan beberapa pimpinan republik lainnya pada tanggal 22 Desember 1948 oleh pihak militer Belanda pada agresinya yang kedua. Rumah Bung Karno yang terletak di Berastagi  tepatnya di belakang Bukit Kubu. 




















4. Pasar Buah Berastagi
Seperti yang sudah saya ceritakan diatas, Berastagi dikenal dengan dengan kota bunga, buah dan sayur. Terdapat sebuah pasar di Berastagi yang dikenal dengan sebutan Pasar Buah. Di pasar ini kamu dapat belanja hasil bumi Tanah Karo, seperti jeruk, stroberi, marqisa, de el el. Tidak hanyabuah, di pasar ini juga banyak di jual sayur mayur serta bunga hias yang memanjakan mata. Bagi pecinta bunga tentunya Pasar Buah menjadi destinasi yang tak boelh di lewatkan. 
Di lokasi pasar buah, kamu juga bisa membeli souvenir khas Karo, juga bisa jajan jagung rebus/bakar ditemani segarnya segelases tebu tentunya. 
Pasar Buah Berastagi berlokasi di dekat Tugu Pahlawan, tak jauh dari pusat kota. 




5. Pemandian Air Panas Raja Berneh
Setelah seharian berkelana di kota Berastagi, tentunya raga ini juga ingin dimanjakan, berendam air panas misalnya. Tak hanya pemandangan yang indah, alam Berastagi juga menyuguhkan destinasi pemandian air panas. Pemandian air panas ini berlokasi di desa Semangat Gunung, Raja Berneh, tepatnya di kaki gunung Sibayak, sekitar 45 menit dari kota Berastagi. 



6. Wisata Kuliner Pasar Kaget Berastagi
Tak lengkap rasanya berwisata kalau belum berburu kuliner khas tempat wisata setempat. Berastagi juga tak kalah rame dengan wisata kulinernya. Dikenal dengan sebutan Pasar Kaget, pasar ini beroperasi dari sekitar jam 5 sore sampai larut malam. Pasar ini berlokasi sepanjang jalan kota Berastagi, dari arah pusat pasar kota sampai ke Tugu Pahlawan. 
Kamu bisa menikmati beragam jenis kuliner, mulai dari masakan lokal seperti ikan/ayam bakar, roti bakar, nasi goreng, roti bakar, sampai chinese food. Oya, jangan lupa minum bandrek susu kalau nguliner di Berastagi, kebayang kan nikmatnya bandrek susu yang hangat di tengah dinginnya kota Berastagi..











 Pasar Kaget Berastagi ^_^

 Tugu Pahlawan Berastagi 



Ini beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi di Berastagi. Silahkan mampir di kota kami, Berastagi, Karo, Bumi Turang ^_^

Hanna, 
Agustus 2015

1 komentar: